Apakah Kegagalan merupaka Kesuksesan yang Tertunda ?

Assalamualaikum Wr. Wb. 
Halo teman-teman apa kabar ?

Pernah Gagal ? Hal yang biasa lah ya dalam kehidupan #asek !

Bulan Maret 2010 gw bareng mahasiswa UNPAD lainnya bersaing dalam kompetisi berskala NASIONAL, nama acaranya PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM).

Awalnya cuma coba-coba, tapi akhirnya dengan dukungan dan semangat dari diri pribadi dan teman 1 kelompok yaitu frans dan alfi akhirnya kita dapat menyelesaikan makalah PKM.
Kategori PKM yang kita pilih yaitu PKM-GT (Gagasan Tertulis), intinya kita memberikan suatu solusi dari permasalahan dimasyarakat dengan menuangkan ide-ide secara tertulis didukung dengan pustaka-pustaka ilmiah. Keren gak tuh ? Hehe

Pembimbing kita saat itu Ibu Sovie dan judul makalah kita yaitu "INOVASI BISKUIT BERBAHAN DASAR TEPUNG HANJELI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG KACANG HIJAU DAN WORTEL SEBAGAI ALTERNATIF PANGAN DARURAT PENDAMPING ASI BAGI BAYI 8 BULAN KEATAS" (Kece gak tuh judulnya ? Sampe gw juga bingung. LOL)

Alhamdulilah UNPAD ternyata sangat mendukung penuh mahasiswanya dalam mengikuti kegiatan ini, alhasil UNPAD mengadakan suatu acara pelatihan selama kurang lebih 3 hari berturut-turut bagi mahasiswanya yang ikut serta dalam PKM ini. Bertempat di Gedung GRAHA SANUSI Kampus UNPAD Dipati Ukur Bandung. Awalnya sempet males, soalnya harus bolak-balik Jatinangor-Bandung. Untung aja dapet makan pagi plus makan siang. haha *maklum anak kost. LOL

Saat pelatihan di kelas PKM

Sempat merasa sedikit kecewa, dikarenakan pelatihan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan, sangat tidak kondusif dan efektif, mungkin karena tahun ini pesertanya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Tapi overall acaranya berlangsung dengan baik dan sukses. Peserta yang ikut dari masing-masing fakultas bisa dibilang sangat banyak.

Selesai pelatihana, khirnya sampailah pada pengumpulan makalah PKM dan proses seleksipun berlanjut.

Setelah menunggu beberapa bulan, tibalah pengumuman makalah yang lolos, dan ternyata yang lolos dari Fakultas gw hanya 1 kelompok dari Jurusan Teknik Pertanian. Wah ini kecewa berat soalnya dari Fakultas kita kalo gak salah sampe mengirimkan 33 kelompok lebih banyak dibanding Fakultas yang lain. Setidaknya kesempatan/ peluang lolos besar. Tapi apa boleh buat, itu kan keputusan pusat, mungkin belum rezeki juga. I always think positive !

Next Story...
Bulan April 2010, gw diajak sama temen gw anak FE (Angga dan Meydi) untuk mengikuti lomba pembuatan proposal bisnis suatu produk makanan. Akhirnya gw ikut aja karena kesempatan tidak datang dua kali. So, gw terima tawaran itu dengan tujuan untuk menambah jam terbang juga dalam mengikuti lomba dan menulis artikel.

Perjuangan gw dan tim untuk perlombaan ini juga gak mudah, soalnya gw sampe bolak balik DU-Jatinangor ! Ya apa boleh buat, setelah menunggu tiada pasti akhirnya dapet kabar juga dari temen gw itu kalo kelompok kita gak lolos ! Baiklah !

Next Story...
Waktu Terus berjalan, sampai pada akhirnya ada perlombaan proposal bisnis lainnya lagi nih, nama kegiatannya PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW). 
Waktu itu gw diajak salah satu teman dekat saat kuliah yaitu Syafwan. Jadi, gw satu kelompok bareng Syafwan, Dwi, Nurul, dan Indra Ahmed

Sapwan
Nurul
Dwi
Ahmed

Kita udah susun konsep, strategi, dan bagi-bagi tugas dengan harapan bisa menang di lomba PMW ini. Nasib berkata lain, alhasil saat pengumuman  kelompok gw gak lolos lagi ! Haha nasib ! 

OK ! mungkin ini yang dinamakan KEGAGALAN ADALAH KESUKSESAN YANG TERTUNDA. Semoga gw bisa mengambil sisi positif dari setiap kegiatan dan mengambil pelajaran terbaik agar tidak mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya. Semangat guys !

Komentar

Postingan Populer