My Very First Job : Ritel Management Trainee (RMT) PT. Lion Superindo

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ok ! Kita lanjut cerita ya!

Setelah lulus dan di wisuda pada Mei 2012, akhirnya gw menyandang status Job seeker. Siapa bilang gw langsung dapet kerja ? No No ! Gw nganggur hampir 2 bulan & diwaktu tersebut pula gw aktif ikut job fair, kirim puluhan CV by email ke perusahaan, PP Jakarta-Bogor naik KRL, nginep dirumah teman di Jakarta kalo ada test, dan masih banyak lagi.

Jujur saat itu gw masih idealis, jd gw hanya melamar di perusahaan yang relate sama jurusan kuliah, pemikiran gw sederhana, pokoknya ilmu kuliah harus terpakai dipekerjaan ! Titik !

Tapi semua berubah, ketika negara api menyerang 😂. Gw mulai berfikir untuk tidak terlalu idealis. Semakin banyak ilmu, pengalaman, dan hal baru, maka ini akan menjadikan tantangan tersendiri #ngomongopo

Well, perusahaan pertama yang hampir gw terima (udh mau medical check up loh) yaitu Media Televisi Indonesia, PT ( METRO TV ) sebagai Jurnalis ! Mantep gak tuh ? dari dunia Teknolgi Pangan ke dunia pertelevisian ! LOL


Flash back ke belakang, sebelum gw melamar kerja di Metro TV, gw udah ngelamar duluan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk jalur PPS di Job Fair ITB Bandung, tapi saat itu masih seleksi administrasi.

Ok lanjut cerita, pada malam itu gw berangkat dari Bogor ke Jakarta & nginep disalah satu rumah teman karena besoknya ada MCU di Metro TV. Dimalam itu juga gw dapat email bahwa gw lolos seleksi administrasi di BRI. Mungkin ini yang dinamakan GALAU, di satu sisi ada pekerjaan yang tinggal lu ambil, tp sisi lain gw lolos administrasi di perusahaan BUMN Cuy! Gambling gak tuh ? 😆

Bismillahirahmanirahim dengain izin Allah dan restu mamah papah *loh kok 😂, gw memutuskan untuk ke Bandung malam itu juga untuk ikut seleksi lanjutan di BRI. Gw ke pool damri primajasa di BNN dianter temen gw dan lucky me dapat bus pemberangkatan terakhir ke Bandung. Sampe di Bandung gw lanjut ke Jatinangor nginep di kos temen. Besoknya gw pinjem celana, kemeja, & sepatu untuk ikut tes. Gak modal ya ? Haha ya karena emang gak ada persiapan apa-apa ! 😂

Insecure ? Iya ! disaat orang-orang well prepared, gw berpakaian apa adanya ! cuek ajalah yang penting tetep fokus sama test. Oiya tahapan tes-nya lumayan banyak ada psikotes, TOEFL, FGD, kalo lulus lanjut wawancara psikolog dan alhamdulilah gw lulus sampe ditahap wawancara psikolog. Nah, kalo gw lulus tahapan ini, maka gw akan lanjut ke tahap wawancara HRD dan lanjut lagi buat MCU.

Tapi apa yang terjadi guys ? Pengumuman lulus/tidaknya di BRI memakan waktu yang cukup lama. Gw waktu itu harus nunggu 4 bulan ! LOL

#OKFIX gw memutuskan untuk mencari pekerjaan lain aja daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti. Akhirnya gw bergabung di Perusahaan Ritel Makanan PT Lion Super Indo sebagai Management Trainee (MT) ! What a journey !

PT Lion Super Indo merupakan salah satu supermarket terbesar & memiliki cukup banyak cabang di Indonesia. Dikutip dari websitenya bahwa perusahaan ini merupakan hasil dari kemitraan antara Salim Group-Indonesia dan Ahold Delhaize-Belanda.

Superindo memiliki program penerimaan karyawan melalui jalur Retail Management Trainee (RMT), sebuah program eksklusif penerimaan karyawan yang didesain khusus untuk orang-orang yang memiliki kemampuan & motivasi tinggi untuk menjadi pemimpin bisnis ritel dimasa yang akan datang. Nah kalo udah lulus training selama 6 bulan & ujian akhir, bisa langsung jd Assistant Store Manager loh. Mantap!

Untuk rekan2 yang mau cari kerja dengan jalur managerial, RMT Superindo ini salah satu pilihanya. RMT mencari kandidat yang memiliki leadership & komunikasi yang baik, customer oriented, bersedia bekerja dihari libur & yang gak kalah penting adalah rekan2 siap ditempatkan diseluruh cabangnya di Indonesia dan kerja secara shift (shift 1 -3). Semua dikembalikan lagi ke passion & kebutuhan masing-masing orang ya.

Pengalaman luar biasa selama kurang lebih 2 bulan gw bekerja sebagai RMT di perusahaan ini. Saat itu gw orientasi store di Superindo Pasar Rebo dan selama itu pula gw belajar dan terjun langsung ke beberapa bagian di store seperti ready to eat, butcher (sampe gw bisa potong ayam utuh jadi beberapa bagian. LOL), display produk, bahkan sampai jadi kasir (untungnya gw gak pernah selisih, orang kasir pasti relate. hehe) ! Asli seru banget ! Guys kalo di supermarket bener deh hargailah semua profesi karena saat itu gw merasakan capeknya kerja 8 jam berdiri tanpa duduk (kadang suka duduk colongan. hehe)

Gw lamar kerjaan di Superindo melalui Kompas Job Fair di Balai Sarbini Jakarta. Test selanjutnya dilaksanakan di Gedung Bidakara 2 Jakarta. Tahapanya apa aja sih ? Here we go !
1. Seleksi administrasi
2. Psikotest - (Gw lupa ada TOEFL gak ya ?)
3. Focus Grup Discussion (FGD) - (Problem solving, good communication)
4. Wawancara HRD
5. MCU

Gw inget waktu di tahap wawancara, gw ditawarin buat jadi audit store, karena katanya relate sama jurusan kuliah. Tapi waktu itu gw berfikir bahwa menjadi RMT merupakan kebanggan tersendiri (Haha). Akhirnya gw lanjut sampe lulus. Alhamdulilah~

Nah cerita selanjutnya dimulai ketika ditengah-tengah gw menjalankan pekerjaan sebagai trainee di Superindo. Pada saat itu pula BRI telepon (setelah 4 bulan gak ada kabar) menyampaikan kalo gw lulus test ke tahap selanjutnya yaitu wawancara HRD dan kalo lulus lanjut MCU ! Bingung g tuh?

Akhirnya gw memutuskan untuk resign dari Superindo & mengikuti test lanjutan di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (padahal ini belum tentu lulus loh !). Modal gw cuma yakin aja dan alasan gw sederhana yaitu keinginan yang kuat untuk kerja di BUMN, udah itu aja !

Pada saat evaluasi orientasi store, setiap trainee diberikan kesempatan apakah mau lanjut ke tahap selanjutnya atau mau stop ? Akhirnya gw memilih stop & gak kena pinalty !

Komentar

Posting Komentar

Hi guys ! Silahkan boleh diisi komentarnya ya ! Thanks~

Postingan Populer