Seminar Ujian Kolokium Super Dadakan !

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Hi semuanya sehat ?

Udah lama banget gak nulis nih. Baru sempet banget nulis lagi sampai akhirnya kaku gini mau nulis apa ? LOL 😉

Well guys, ditulisan kali ini gw mau sharing cerita yang wajib diabadikan dalam sebuah tulisan, yaitu tentang perjalan Sidang Kolokium yang super dadakan H-30 menit dong ? Nangis gak tuh ? LOL

#sigh..
Yup minggu-minggu kenistaan akhirnya datang juga, ini minggu-minggu dimana mahasiswa tingkat akhir sibuk pake banget, mobilitas tingkat dewa khayangan buat ngejar-ngejar dosen kesana kemari, minta tanda tangan sana sini, bikin surat ini itu dsb, ini semua demi melengkapi persyaratan sidang baik kolokium maupun komprehensif (sidang akhir).

Tgl. 9 - 13 April 2012
Gw masih disibukkan dengan bimbingan & revisian draft skripsweet, sampe akhirnya draft skripsi gw udah disetujuin dan ditandatanganin sama kedua pembimbing (Pak Bams dan Ibu Tens). Alhamdulilah akhirnya draft skripsi gw yg dibuat dengan cucuran keringat dan air mata (halah) akhirnya kelar juga. Tunggu dulu kisanak, perjuangan belum berakhir ! Di minggu ini juga gw harus matriks menentukan jadwal buat sidang kolokium. Finally, FIX sidang kolokium juga gw di tgl. 17 April 2012. 

Tgl. 17 April 2012
THE DAY, serius ini menegangkan, soalnya jujur aja persiapan gw belum maksimal. Tapi show must go on, apapun yang terjadi tancap gas ajalah mau gimana lagi coba. Oiya, saat itu gw kebagian jadwal sidang jam 3 sore setelah sidangnya Meida (teman satu penelitian).

Manusia boleh berencana tapi Allah yang menentukan, ternyata di jam 12 tuh udah ada sidangnya Teh Sanny (senior angkatan 2005), Teh Sanny ini dosen pertamanya Pak Bams sama kaya gw dan Meida. Otomatis jadwal mundur dan Meida baru mulai sidang sekitar jam 2 siang.

Yassalam apalag ini ? Soalnya Meida dan gw dosen pembimbing pertama dan keduanya sama yaitu Pak Bams dan Bu Tens, dan yang jad masalah adalah Bu Tens gak bisa kalo misal jadwal sidangnya terlalu sore. Dan benar firasat gw, hari itu juga sidang Kolokium gw dibatalkan. Jujur gw sebenarnya woles sih soalnya gw udah berusaha maksinal kan ? yang penting gw udah berusaha dan berjuang !

Sepenggal percakapan gw sama Ibu Tens, Oiya Ibu Tens ini juga Ibu dosen wali gw selama di kampus. Beliau sangat baik !

#Ibu Tens : "Ka ko meida belum mulai ??"
#Gw : "Iya bu diruang sidang lagi ada sidang kolokiumnya Teh Sany, dan pembimbing pertamanya Pak Bambang juga bu, jadi mungkin baru beres sekitar jam 2 siang" 
#Ibu  Tens : "Terus kamu mulai jam berapa ? Meida berarti baru beres jam 4 sore dong ?"
#Gw : "Iya bu, bagaimana ya baiknya bu?" *nada berharap sidang kolo gw tetap terlaksana. haha
#Ibu Tens : "Yaudah eka, kamu reschedule lagi aja jadwal kolo-nya ya, saya lagi ada urusan jadi gabisa pulang sore, gak apa-apa kan ? kamu langsung kasih tau Pak Bambang dan Pak Rossi (Dosen Penelaah) yah !"
#Gw : *diem 5 detik* "Oh baik bu iya gak apa-apa kok Bu !"

Akhirnya gw hubungin Pak Rossi buat kasih tau kalau sidang kolokium gw ditunda dan gak jadi hari ini. Ada hal positif yang bisa gw petik dari hal ini, mungkin gw disuruh belajar lebih maksimal lagi kali yah karena jujur gw emang ngerasa belum siap sidang Kolokium saat itu. hehe

Pasti banyak yang nanya, kenapa gw amat sangat mengejar sidang kolokium minggu saat iru ? Alasanya adalah gw ngejar biar bisa ikut wisuda gelombang III di bulan Mei 2012, maksimal sidang komprehensif itu tgl. 23 April 2012. Makanya gw ngebut pisan !

Hari itu juga gw SMS semua dosen (pembinging 1, 2 dan penelaah) buat bikin matriks dan minta untuk sidang kolo tgl.18 April 2012 (besoknya), tapi ternyata semua jadwal bentrok. Bu Tens bisa jam segini, Eh Pak Rossi gak bisa, Pak Bams bisa jam segini, Eh Bu Tens-nya yang gak bisa.

Hopeless ? iya pisan. Hiks
Yaudahlah pantang menyerah, besok gw mau face-to-face aja untuk bikin matriksnya. Wish me luck !

Tgl.18 April 2012
Kemaren sore (17 April  2012) Ghifa SMS gw buat datang disidang Usulan Penelitianya tgl. 18 April 2012 jam 9 pagi. Seperti biasa gw bangun pagi, entah kenapa hari itu gw pengen banget pake kemeja #GedeBageCollection, trus gw bawa draft skripsi dan semua keperluan sidang kolo kaya ringkasan, berita acara, dan tetekbengeknya kedalam tas.

Selepas sidang UP Ghifa, gw langsung ke ruang Ibu Tens, kebeneran di dalam ruangnya juga ada Ibu Debby (ketua jurusan) dan Ibu Herlin (dosen).

#Bu Tens : "Mau apa ka ??"
#Gw : "Iya bu saya mau matriks ulang jadwal kolokium"

---tiba-tiba Ibu Debby masuk dalam perbincangan kami---

#Ibu Debby :" Loh ka ? kamu bukanya udah Kolokium kemaren ?"
#Gw : "ooh iya bu tidak jadi, jadinya saya hari ini matriks lagi"
#Ibu Tens : "Iya Bu Debby, saya nya kemarin gak bisa"
#Ibu Debby : "Oh yaudah atuh sekarang aja Bu Tens bisa gak ? Jam 1 aja" *pada saat itu menunjukkan pukul 12.25 WIB* #wew

Asli gw kaget tapi seneng juga, nah gimana tuh ? LOL

---gw langsung nyamber omongan bu Debby---

#Gw : "Tapi Bu Pak Rossi selaku komisi penelaan tidak bisa karna di jam yang sama (jam 1) beliau lagi ada sidang Usulan Penelitian Kang Ilham 2006, dan bapak disitu sebagai komisi penelaan juga.
#Ibu Debby : "Yaudah ndak apa2, itu revisian penelaah bisa dalam bentuk tulisan, nanti revisianya di bacakan oleh pembimbing 1"

---tiba-tiba Ibu Tens juga nyamber omongan Ibu Debby---

#Ibu Tens : "Loh ? Emang bisa bu kaya gitu ?"
#Ibu Debby : "Ya bisa, ndak masalah asalkan ada revisian dalam bentuk tertulis dari komisi penelaahh"
#Ibu Tens : "Oh gitu bu, wah pikiran saya jadi terbuka, yaudah Eka kamu hari ini Sidang Kolokium jam 1 ya ? Sekarang cari tempat aja !"

Nah loh MANTEP gak tuh ? LOL

Pak Bambang waktu itu juga di telepon oleh Bu Tens untuk ngabarin soal sidang kolokiukm gw yang super dadakan ini. Alhamdulilah Pak Bambang setuju, Bu Tens sebenernya ngerasa gak enak sama Pak Bams, soalnya seolah-olah yang bertindak sebagai pembimbing pertama itu Bu Tens, tapi kayaknya Pak Bams gak ada masalah. Alhamdulikah punya dosen baik-baik bener dah. LOL

Karena ndadakan, gw sidang kolokium dengan baju, sepatu, celana, dan tempat seadanya. Gapapa yang penting sidang kolokium gw berjalan dengan baik dan lancar.

Alhamdulilah gw punya temen berhati mailaikat, ada Frans, Feni, Amel, Fathi. Mereka yang bantu gw disaat gw harus sidang kolokium dadakan. Thanks kawan semoga kebaikan kalian dibalas Allah SWT.

Mungkin ini memang udah jalan dari Allah SWT, karena di saat hari dimana gw di suruh sidang kolokium dadakan, saat itu juga feni bawa laptop, frans bawa konsumsi buat penonton (kolo hunter) yang gw titipin waktu kolo gw gak jadi, gw udah pake kemeja dari tadi pagi #GedeBageCollection, frans lagi pake celana pentalon, dan semua perlengkapan kolokium udah siap di tas (berita acara, ringkasan, draft buat dosen dll)

Hal yang paling gw gak bisa lupa adalah gw tukeran celana sama frans...wkwkw.. Kaya yang udah gw jelasin diawal, gw ke kampus pakai celana jeans, waktu di suruh kolo dadakan Bu Debby dan Bu Tensis bilang gak apa-apa pakai celana jeans asal waktu sidang berjalan baju kemeja dimasukan kedalam celana. Tapi untungnya frans nawarin celana nya buat di tukar dengan celana gw, karena frans satu2nya sahabat gw yang selalu pake celana bahan kalo ke kampus. Sebenernya celananya frans  kekecilan di gw T_T, tapi gw paksa aja, yang penting keliatan sopan waktu sidang. LOL

Waktu gw persiapan persentassi bareng frans dan amel di Lab Pendidikan 2 (tempat sidang dadakan), feni dan fathi ke bawah buat beli konsumsi dosen, padahal sebenarnya Bu Tensiska udah bilang diawal "tidak usah disediakan konsumsi", tapi tetep aja gak enak kan yak? dan kebeneran feni sama fathi nawarin untuk turun ke bawah beli konsumsi. Hatur nuhun pisan ya !

Walau persiapan minim dan berjalan apa adanya, Alhamdulilah semua pertanyaan dari dosen dan audience bisa gw jawab dengan baik.

Here I'm.....
Kolokium Dadakan H-30 menit

Dari kejadian ini gw percaya bahwa kun fayakun, jika Allah sudah berkehendak dan meridhoi, maka apa yang kita harapkan akan terjadi. Jujur ini diluar dugaan, gw gak nyangka bakal sidang kolokium dadakan kaya gini. Alhamdulilah :)

Tim Kolokium Dadakan Eka :
Feni - Frans - Amel

Fathi


Semoga kalian baca tulisan gw ini ya, sekali lagi hatur nuhun pisan atas bantuanya !

Komentar

  1. ekaaaa ngisi blog lagi? hehehe...
    jd pengen juga

    BalasHapus
  2. iya madamm perjalanan skripsi harus di abadikan hehe ayo2 nulis lagi madaam

    BalasHapus
  3. selamat ya kang :)

    BalasHapus
  4. huuaa iya ini syapa? makasih yaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Hi guys ! Silahkan boleh diisi komentarnya ya ! Thanks~

Postingan Populer