Kuliah Kerja Nyata itu SERU !

KKNM itu Kuliah Kerja Nyata dan Maen !! hahaha

Assalamaualaikum Wr. Wb. Hi semuanya! Kumaha damang ?

KKNM ini mata kuliah yang wajib diambil karena ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Berbobot 2 SKS dan merupakan mata kuliah paling mahal tapi paling asik juga. LOL

Kegiatan KKNM UNPAD dilaksanakan bulan Juli 2010, gw waktu itu KKN di Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Lokasinya deket banget sama pantai. Kebayang kan serunya bakal kaya apa ? 

Kelompok KKN gw berjumlah 23 Orang, jumlah yang cukup banyak dibandingkan dengan kelompok lain yang hanya 18-21 orang.

Anggota dari team KKN gw terdiri dari :
Fakultas Kedokteran
  • Ardi Janardika
  • Ainul Adlin Binti Mohamad
  • Fareeza Hawani Muhammad
Fakultas Psikologi
  • Glory Yosephina
  • Anggi Q. S.
  • Kanya L.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Seno Al Latief
  • Dede Irama
  • Eka Fauqonnuri Karyono
Fakultas Teknologi Industri Pertanian
  • Eka Hardi Yudharsa
  • Frans Widarta
  • Julia Evyttavani
  • Sany Ulfah Mumtazah
Fakultas Ekonomi
  • Ridha Rifnida N.
  • Muhammad Graito Hamzah
  • Sabrina Natalia S.
  • Ely Prajani Siregar
Fakultas Hukum
  • Asep Nurhakim
  • Imam Adimulyanto
Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Amanda Patrianisa
  • Muhammad Edwin W. Somantri
  • Nurulia Latifiana
  • Fina Pratiwi Gurning

Here we are..
Penyambutan oleh Perangkat Desa Kondangjajar

Sesi foto dengan perangkat Desa Kondangjajar

Sesi Foto dengan Ibu PKK Desa Kondangjajar

Foto bersama Dosen Pembimbing Lapangan (Pak Boy) setelah acara penyuluhan ttg Kewirausahaan

Sistem KKN tahun 2010 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kami daftar secara online lewat situs kemahasiswaan UNPAD dan memilih sendiri lokasi KKN. Kekurangan sistem ini menurut gw adalah terdapat kelompok dimana jumlah laki-laki dan perempuanya jadi tidak seimbang, bahkan katanya ada  kelompok yang tidak ada laki-lakinya. Pendaftarannya juga tidak serentak, jadi banyak mahasiswa yang mendapatkan tempat sisa yang belum terpilih.

Saat itu Fakultas gw FTIP dapat mengakses pendaftaran KKN online setelah hari ke-2 pendaftaran dibuka, jadi kami masih banyak pilihan tempat-tempat KKN. Desa Kondangjajar Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis merupakan lokasi KKN yang gw pilih. Pemilihan berdasarkan feeling, Haha.

Temen-temen dari FTIP yang lain yaitu Frans, Julia, dan Teh Sany. Dosen Pembimbiing Lapangan (DPL) kita juga dari FTIP yaitu dosen jurusan TMIP.

Desa Kondangjajar terdiri dari 4 dusun yaitu Binangun, Kalensari, Garunggang, dan Cikaler. Gw ditugaskan bertanggung jawab di dusun Kalensari bareng Dede (FMIPA), Fina (FIKOM), Glory (FAPSI), dan Ely (FE).

Dusun Kalensari Clan

Pulang dari Rumah Pak Askon (Kepala Dusun Kalensari)

Alasan kenapa gw pilih Ciamis karena lokasinya yang dekat dengan pantai, dan ternyata oh ternyata Desa Kondagjajar merupakan desa strategis yang dekat dengan tempat-tempat wisata seperti Pantai Batukaras, Green Canyon, Pantai Batu Hiu, Curug Cikumang, dan pastinya Pantai Pangandaran. Mantap gak tuh ?
Suasana desanya bikin betah loh, potensi alamnya juga berlimpah. Masha Allah !

Hamparan sawah hijau

Salah satu komoditas unggulan yaitu kelapa

Komoditas unggulan lainnya yaitu Kayu Alba

dan juga Tambak Udang

Bersama Bpk. Sunardi Pemilik Tambak Usaha Tambak Udang

Pisang

Terdapat pula peternakan sapi di Desa Kondangjajar tepatnya di Dusun Kalensari.

Peternakan Sapi Karang Ampel

Kandang Sapi

Selain kekayaan alam, di Desa Kondangjajar juga terdapat Bandar Udara Nusa Wiru, Bandara ini sudah ada sejak Agustus 1996. Keren yah..

Gerbang masuk bandara

Batu peresmian

Bandara Nusa Wiru Ceria !

Bandara ini lokasinya gak jauh dari tempat kami tinggal. Kegiatan penerbangan rutin dilakukan setiap hari, adapun tujuan nya yaitu Bandung, Pangandaran, Jakarta, dan Cilacap. Harga tiket pesawat mungkin kalo bagi gw agak mahal yah. Tapi banyak yang bilang cukup murah juga, salah satu contohnya untuk tujuan Pangandaran (Bandara Nusa Wiru) - Bandung harga tiket sebesar Rp. 580.000,- dengan waktu perjalanan hanya 30 menit saja. Ya bagi kalian yang mau pergi ke pangandaran, green canyon, batukaras, dan lain-lain dengan waktu tempuh yang singat ? Take this route !

Pesawat 12 Sheet


Peswat Jet

Jasa penerbangan hanya ada Susi Air, jenis pesawat yang digunakan adalah pesawat kecil dengan kapasitas 12 penumpang. Susi Air merupakan jasa penerbangan milik seorang wanita bernama Ibu Susi, wanita ini asli orang pangandaran. Banyak orang bilang Ibu Susi ini sultan loh !

Pokoknya seneng banget dapat tempat KKN yang seru gini. Berasa liburan kan ? LOL

Teman-teman KKN gw itu “Beuki Ulin” alias suka maen, sampe-sampe baru hari ke 3 dilokasi KKN kita udah berangkat aja ke pantai batu karas, alibinya sih survey tempat wisata. LOL !

Jarak tempat tinggal kita dengan pasar bisa dibilang dekat, kalo kita mau ke pantai batu karas kita cuma jalan kepasar trus cari kendaran yang bisa bawa 23 orang. Alhamdulilah akhirnya kita ketemu sama mobil Pick Up punya Pak Nana (begitu kami memanggil si pemilik mobil).

Pertemuan pertama dengan mobil Pick Up pak Nana (Heboh bener !!!)



We arrived !

ketawa-ketiwi sepanjang jalan


Well, mobilnya Pak Nana ini gak terlalu bagus, tapi kekuatannya boleh diadu, gak pernah mogok loh (padahal ngangkut 23 orang yang badannya pada berisi semua. LOL). Mobil ini jadi kendaraan pribadi kami mahasiswa KKN yang selalu setia membawa kemanapun kita pergi. Ongkos setiap jalannya juga selalu sesuai dengan kantong, bayangin aja pergi ke batu karas diantar jemput hanya 75 ribu cuy (75 rb dibagi 23 orang, jatohnya cuma 3500 per orang). Murah bukan ?

Pantai Batu Karas
Setelah diombang-ambing di Banana Boot

Jangan lupa pelampung biar aman

We have fun here !

Moment kebersamaan ini menjadikan kami akrab satu sama lain. Alhamdulilah gw sekelompok sama teman-teman yang walaupun pada dasarnya malas semua termasukgw haha, tapi saat diminta tolong atau kerja bareng semuanya pada kerja. Bisa dibilang kami semua itu “banyak mengeluh banyak bekerja”. LOL

Anehnya kalo urusannya soal maen, bangun pagi kita jabanin, tapi giliran program kita males-malesan. haha. Tapi kami bersyukur semua program kerja selama KKN terlakasana dengan baik, walaupun ada beberapa kendala tapi All is Done

Beberapa program kerja yang kita kerjakan bersama masyarakat desa kondangjajar adalah sebagai berikut :

Program Utama :

  1. Penyuluhan kesehatan penyakit cikungunya, penyuluhan kesehatan lingkungan, dan penyuluhan makanan seimbang.
  2. Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Yoghurt bagi Ibu-Ibuk PKK
  3. Insidental Program
  4. Panitia Rajaban Masjid Al-Ikhlas
  5. Gotong royong membersihkan saluran irigasi di Dusun Binangun Rt 11-12
  6. Penyuluhan Makanan Seimbang di kegiatan Posyandu dusun Kalensari
  7. Pembuatan Peta desa untuk program REKOMPAK dari pemerintah
  8. Menjadi pengisi acara dalam Masa Orientasi Siswa (MOS) SMKN 1 Desa Kondangjajar

Adapun kegiatan rutin kita bareng sama warga yaitu solat berjamaah dimasjid, membantu kader-kader posyandu dalam kegiatan Posyandu dimasing-masing dusun, pemetaan sosial (social maping), mengikuti rajaban di masjid-masjid, diundang ke acara pernikahan warga, bersosialisasi dengan para pemuda desa (karang taruna), mendata potensi usaha desa, mendata potensi alam desa, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Oya sempet lupa, kita tinggal di 2 rumah. Soalnya jumlah anggota kita bisa dibilang seimbang, pria ada 10 orang dan wanita ada 13 orang. Para pria tinggal di rumah kosong yang katanya udah bertahun-tahun gak dihuni karena yang menghuni udah meninggal dan anak-anaknya pada pindah ke Jakarta, sedangkan para wanita tinggal bersama di salah satu rumah warga beranama Bapak dan Ibu Jasos yang sangat baik hati dan menjadi orang tua kita selama 1 bulan KKN.

Keluarga Besar KKNM Kondangjajar bersama Bapak & Ibu Jasos


KKN itu buat gw moment yang tidak terlupakan, mungkin benar kata salah satu temen KKN gw Ardi dari FK, moment ini tuh bukan moment yang paling menyenangkan, karena mungkin diluar sana masih banyak moment-moment lain yang lebih menyenangkan. Tapi, moment ini adalah moment yang tidak terlupakan karena banyak pengalaman yang menjadi guru tauladan buat kita semua sebagai mahasiswa.

So, teman-temen KKN gw yang kebeneran baca blog gw ini, jangan lupa moment ini yaps? kita pernah tinggal bareng selama 1 bulan loh, walaupun sudah bahagia dan sibuk dengan urusan masing-masing, tetap jaga tali silaturahmi dan keep in touch ya ! Masha Allah Tabarakallah~

Komentar

  1. i used to be here too.. >.<
    kondangjajar is awesome! :D

    BalasHapus
  2. ka ni aku rizky pratama,yang rumahnya depan kontrakan kaka,

    BalasHapus
  3. aku yang dulu pernah pinjem gitar kka.ingat gx ?? yang di kondangjajar

    BalasHapus

Posting Komentar

Hi guys ! Silahkan boleh diisi komentarnya ya ! Thanks~

Postingan Populer