SMAKBO Lanjut Ke UNPAD

Assalamulualaikum...
setelah sekian lama, akhirnya gw bisa juga bikin blog. Postingan pertama gw tentang "SMAKBO yang berlanjut ke UNPAD "


Mungkin temen-teman kampus saat itu gatau apa itu SMAKBO ? Biasanya gw njelasin kalo SMAKBO itu singkatan dari Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor, sejenis sekolah menengah kejuruan atau SMK dibidang analisis kimia dan berlokasi di Kota Bogor.

Siswa SMAKBO


Alasan utama kenapa gw milih sekolah ini cuma satu, yaitu sehabis lulus bisa langsung kerja. Masuknya SMAKBO harus lulus tes tertuli dan wawancara brok. Sebenarnya gw gak mau masuk sekolah ini, dikarenakan dari SMP gw udah bercita-cita bersekolah di SMUN 3 Bogor (SMANTI). Ada yang sadar gak sih SMUN 3 di beberapa kota di Indonesia selalu jadi salah satu SMA favorite gitu ? Hehe

Alasan kedua yaitu faktor ekonomi keluarga, Bapak & Ibu gw berfikir kalo lulus dari SMU itu harus lanjut kuliah, soalnya ilmu yang didapat bukan keterampilan alias skill tapi ilmu pengetahuan umum. So thats why orang tua meminta gw masuk SMAKBO dengan tujuan sehabis lulus langsung bisa kerja. Pada saat itu, prinsip gw selama orang tua bahagia, gw jg bahagia ! asek !

My close Friends
 
Ternyata memang bersekolah di SMAKBO menjadi pilihan yang tepar (hikmah nurut sama orang tua, hehe). Di SMAKBO gw banyak dapat ilmu dibidang kimia, keterampilan, pengalaman, pelatihan, dsb. Dan yang gak kalah penting gw mendapatkan teman & sahabat. Di SMAKBO gw masuk angkatan 49 nama angkatanya Nascents.

Jalan-jalan angkatan 49 di DUFAN


Disekolah ini gw mengenal banyak alat-alat lab yang belum tentu gw dapatkan saat kuliah atau sekolah lain seperti AAC, GC, Spektrofotometri, Flamefotometri, dan lain-lain (orang-orang kimia pasti paham, haha)

Keterampilan dalam mengoperasikan semua alat ini merupakan salah satu modal dalam memasuki dunia kerja sebagai analis kimia di beberapa perusahaan. 
Di SMAKBO itu kita dituntut mahir bekerja di Lab. Itulah kenapa dari 6 hari masuk sekolah, 3 harinya di kelas, terus 3 harinya di lab. Bahkan kadang di lab kita suka seharian belajar dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Istilahnya practise make perect.

Peraturan di SMAKBO bisa dibilang cukup ketat, dari segi outfit siswa wajib pakai sepatu warna hitam, datang ontime (kalo telat gak bisa masuk kelas atau Lab). Waktu kelas satu sempet stres dan banyak tekanan soalnya kalo di rapot ada nilai 6 itu langsung di DROP OUT. Mampus gak tuh ? Haha

Pertaturan kalo udah kelas 2, misalkan di rapot ada nilai 6 itu GAK NAEK KELAS. Malu gak tuh ? Hiks. Tapi jika kita menjalani semuanya degan iklas dan fun Insha Allah semuanya lancar. Alhamdulilah berkat kerja keras dan doa, termasuk doa dari orang tua dan keluarga, akhirnya gw lulus juga dari SMAKBO. Alhamdulilah.

Wisuda SMAKBO Angkatan 49th


FYI masa pembelajaran di SMAKBO itu 4 tahun udh pada tau kan ya ? Lebih lama 1 tahun dari Sekolah umum biasanya. Kelas 4 itu  ada kegiatan PKT (Praktik Kerja Terpadu), 
jadi kami membuat suatu produk yang kemudian dianalisis, hasil analis dituangkan kedalam makalah kemudian dipresentasikan, PKT ini kerjanya kelompok dimana 1 kelompok berisi 4 orang. Lanjut di kelas 4 juga ada kegiatan PKL (Prkatik Kerja Lapangan) kalo ini udah pada paham ya? Gw saat itu PKL di BBPMSOH (Balai Besar Pemeriksaan Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan) Gunung Sindur, Bogor.

Mencit

Bersama Pembimbing PKL

Mau suntik Mencit

Well, rencana kuliah saat itu berawal dari waktu PKL. Tiba-tiba orang tua telepon dan minta gw untuk kuliah dulu. Tapi saat itu gw cuma dikasih 2 pilihan, yaitu kuliah di AKA (Akademi Kimia Analis) atau masuk PTN lewat jalur SPMB.

Gw bersyukur banget akhirnya orttu berubah pikiran minta gw kuliah dulu. Alhasil setelah ikut les intensif khusus SPMB kurang lebih 1 bulan di Ganesha Operation (GO). Alhamduliah lagi-lagi atas kerja keras gw dan doa dari orang tua gw keterima di UNPAD, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Jurusan teknologi Industri Pangan. Masha Allah Tabarakallah~

My Almamater UNPAD


Komentar

  1. SELAMAAAT ATAS BLOG ANDA YG TERISI...
    hihohoho
    tapi emang loh ka...SMAKBO pinter2 kan orangnya... hehehe
    lu ngerasa begitu gak?

    BalasHapus
  2. tamie cantik4/6/10 10:58 PM

    saya terjebak diblog anda dan saya tersesat membaca postingan anda..hahahahhaha bncanda..bgus teruskan kegiatan menulismu..daripadi maling jemuran...kan halalan nulis walaupun maling jemuran jg bs manfaat kala ujan trun cucian blm kering yah tinggal maling *apa c gw??!!..d tunggu crita2 menarik ya!!kl kgk gw hajar lw...

    BalasHapus
  3. kenapa kebanyakan yang masuk SMAKBO dipaksa ya???


    good lah... blog nya.. lanjutkan kembali ya

    niy blog gw warkop1000.com

    BalasHapus
  4. wah fakultas teknik industri pangan unpad gimana kaa rasanya? saya anak 54 smakbo. hhhe

    BalasHapus
  5. saya juga mau ke unpad kaa, cuma bingung kira-kira yang bagus jurusannya apa gitu kaa nati *yaaa walopun masih lama sih.. hhe

    BalasHapus
  6. Saya bingung kak mau kemana nanti setelah lulus smakbo (blm jga msk sklh) 😸

    BalasHapus

Posting Komentar

Hi guys ! Silahkan boleh diisi komentarnya ya ! Thanks~

Postingan Populer